Sebagai pembaca tamu kali ini adalah Syeikh Awwad Muhammad Awwad Muhammad Awwad dari Mesir. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa pembelajaran Bahasa Arab harus ditekankan dan didominasi oleh praktik berbicara bukan didominasi teori kebahasaan secara terus menerus. Hal ini mengingat hakikat bahasa itu sendiri sebagai alat komunikasi maka membelajarkannya pun harus banyak praktiknya.
Acara inti pada agenda ini adalah sharing Implementasi Pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Sesi ini diisi oleh Ainul Fadhilah, S.Ag, M.Pd. dari MA Ibnul Qoyyim Putri Sleman dan Siti Imroatus Sholichah, S.Pd.I dari MAN 2 Yogyakarta. Ainul Fadhilah menyajikan contoh microteaching dengan model discovery learning dengan materi tentang fi’il mabni ma’lum dan majhul. Pembelajaran diawali dengan menyanyi bersama guna membangkitkan semangat siswa dilanjutkan materi inti yang diawali dengan menampilkan contoh-contoh. Model pembelajaran discovery learning menekankan pada keaktifan siswa berpikir kritis menganalisis contoh-contoh penerapan materi sehingga di akhir siswa akan menarik sendiri kesimpulan atau kaidah teoritisnya. Microteaching yang dilaksanakan Ainul Fadhilah terbilang interaktif dan terbuka terhadap keingintahuan siswa di sepanjang pembelajaran.
Penyaji kedua adalah Siti Imroatus Sholichah, S.Pd.I dari MAN 2 Yogyakarta. Sedikit berbeda dari yang disajikan Ainul Fadhilah, ia menyajikan teknis pembelajaran discovery learning namun bukan dalam format microteaching ful. Ia menjalaskan langkah-langkah pembelajaran dengan model tersebut kemudian diikuti contoh penerapannya, begitu seterusnya hingga penutup pembelajaran. Beberapa kali juga pembelajaran diselingi dengan canda tawa yang meriah sehingga para audiens terhindar dari kantuk.
Di akhir pertemuan, Fauzan Budi Santoso, S.Ag, M.Pd.I selaku pembawa acara memimpin acara-acara tambahan seperti pengumuman-pengumuman dan perkenalan anggota baru. (ros)
0 Response to "MGMP Bahasa Arab MA DIY Adakan Teaching-Sharing"
Posting Komentar