<< MGMP BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH DIY >>

<< MGMP BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH DIY >>

RAKER MGMP BA MA DIY 2020



Yogyakarta – Menindaklanjuti serah terima jabatan pengurus baru untuk periode 2020-2023 pada 17 Desember 2019 lalu, MGMP Bahasa Arab MA DIY adakan rapat kerja untuk masa bakti 4 tahun ke depan pada Selasa (14/01/2020). Bertempat di Cimoll Resto, Timoho, rapat kerja ini dilaksanakan pada pukul 09.30 hingga 13.30. Rapat ini dihadiri oleh segenap pengurus baru yang berjumlah 15 orang dan mengagendakan pembahasan program kerja tiap divisi.

Rapat diawali dengan seremonial pembukaan dilanjutkan sambutan oleh ketua terpilih, Muhammad Badrudin, S.Ag. Dalam sambutannya ia mengajak semua pengurus untuk senantiasa bersungguh-sungguh dan kompak dalam menjalankan kepengurusan ini serta menjadikannya ladang amal kebaikan untuk saling membantu dalam meningkatkan kompetensi sesama guru Bahasa Arab. Ia juga menambahkan bahwa kepengurusan periode ini akan memiliki setidaknya dua program unggulan yakni Khitobah Billughatil Arabiyyah serta Microteaching.

Presentasi pertama oleh Divisi Informasi, Data dan Pegembangan Website, menekankan pada pemanfaatan website untuk publikasi berita kegiatan MGMP, pusat informasi terkait bahan ajar, media, dan perangkat pembelajaran Bahasa Arab yang dapat diakses baik oleh anggota MGMP Bahasa Arab MA DIY maupun masyarakat luas. Presentasi kedua oleh Divisi Pendidikan dan Pelatihan, menekankan pada pencanangan program unggulan MGMP yaitu Khitobah Billughatil Arabiyyah bagi seluruh anggota MGMP. Presentasi ketiga oleh Divisi Penelitian dan Pengembangan menekankan pada rencana pelaksanaan beberapa workshop dan pelatihan terkait perangkat pembelajaran Bahasa Arab, pembuatan modul, hingga penyusunan karya ilmiah.

Program unggulan utama yaitu Khitobah Billughatil Arabiyah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab para peserta MGMP. Program ini direncanakan akan terangkai dalam acara Muqaddimah dari setiap pertemuan MGMP, di mana natinya MC, sambutan, serta intinya pada pidato singkat dengan tema tertentu seluruhnya akan disampaikan dengan Bahasa Arab. Adapun pembicaranya akan digilirkan pada seluruh peserta secara bergantian. Badrudin menyebutkan dengan adanya program Khitobah Billughatil Arabiyah ini diharapkan setiap peserta MGMP Bahasa Arab akan terus berusaha meningkatkan keterampilan berbahasa Arab khususnya pada aspek Istima’ wal Kalam. Program ini selanjutnya secara khusus akan dikelola oleh Divisi Pendidikan dan Pelatihan yang telah dibentuk sebelumnya.

Program unggulan lain yang dirancang dalam proker ini adalah Microteaching. Program ini bertujuan untuk mengasah skill mengajar para peserta MGMP serta wadah untuk bertukar pengalaman terkait metode mengajar Bahasa Arab. Dengan program ini diharapkan seluruh peserta akan memiliki lebih banyak referensi metode pengajaran Bahasa Arab yang kemudian dapat diterapkan kepada anak didik masing-masing. Berbeda dengan program pertama, program ini akan dilaksanakan secara khusus pada waktu yang akan ditentukan selanjutnya.

Raker Di penghujung raker dilakukan pembahasan agenda terdekat diantaranya target pelaksanaan MGMP selama setahun ke depan serta rencana pembinaan peserta MGMP terkait pembaruan model perangkat pembelajaran.

“Semua komponen yang terdiri dari pengurus dan anggota hendaknya saling bersinergi, saling melengkapi, dan saling mendukung sehingga terwujud suasana yang harmonis dan kekeluargaan. Dengan suasana inilah seluruh program kerja yang sudah direncanakan akan mudah diwujudkan,” tambah Badrudin di akhir acara. (ros)




1 Response to "RAKER MGMP BA MA DIY 2020"

  1. Alhamdulillah tim IT MGMP kita luar biasa. Baru 1 pekan melaksanakan raker langsung bekerja sesuai dengan jobnya. Semoga MGMP kita semakin jaya dan maju....
    Tetap semangat.....

    BalasHapus