<< MGMP BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH DIY >>

<< MGMP BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH DIY >>

PERTEMUAN PERDANA, MGMP BAR SUKSES TERAPKAN BI’AH LUGHAWIYYAH


Yogyakarta - Mengawali semester II tahun ajaran 2019/2020, MGMP Bahasa Arab MA DIY melangsungkan pertemuan perdananya di MAN 2 Yogyakarta, Selasa 28 Januari 2019. Pertemuan perdana ini mengagendakan sosialisasi pengurus baru MGMP Bahasa Arab serta masing-masing program kerjanya yang telah disepakati sebelumnya oleh segenap pengurus dalam raker 14 Januari lalu.

Sebagaimana ditargetkan sebelumnya, pelaksanaan program unggulan berupa Bi’ah Lughawiyyah telah terlaksana secara perdana pada pertemuan ini. Bertindak sebagai MC yaitu Fauzan Budi Santoso, dilanjutkan pidato singkat oleh Abdul Mujid, dan sambutan ketua sekaligus pengarahan oleh Badrudin, di mana kesemuanya tersampaikan dengan Bahasa Arab. Pelaksanaan program ini kemudian menjadi pemicu bagi seluruh anggota MGMP yang notabene adalah guru Bahasa Arab untuk terus meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan Bahasa Arab sebelum nantinya akan diterapkan pula kepada peserta didik masing-masing.

Dalam tausiyah singkatnya, Abdul Mujid menekankan tentang pentingnya belajar dan membelajarkan Bahasa Arab. Selain merupakan bahasa Al-Quran dan bahasa Ibadah umat Islam, Bahasa Arab merupakan مِفْتَاحُ الْعُلُوْمِ atau kuncinya Ilmu Pengetahuan terutama Ilmu Keagamaan Islam, di mana sebagian besar referensi kelimuan Islam adalah berbahasa Arab.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pengarahan dari ketua. Dalam sambutan ini, yang juga berbahasa Arab, Badrudin memulai dengan mengenalkan para pengurus baru periode 4 tahun ke depan berikut program-program yang telah dirancang. Secara umum program kerja tiap divisi disampaikan secara kolektif oleh Badrudin, kecuali beberapa program yang memerlukan penjelasan lebih detail seperti program pengelolaan website, data base anggota MGMP, serta rencana pelaksanaan program unggulan kedua yakni microteaching bergilir. Dalam hal ini kemudian ketua mempersilahkan kepada Divisi Informasi serta Divisi Pendidikan dan Pelatihan untuk menjelaskan secara lebih rinci. Divisi Informasi yang diwakili oleh Isnu Hidayat kemudian memaparkan program pengelolaan website termasuk pembagian petugas pengisi konten wajib serta membimbing pengisian form data base anggota secara seretak. Adapun program unggulan kedua yakni microteaching kemudian dijelaskan teknis dan pembagian petugasnya oleh Divisi Pendidikan dan Pelatihan diwakili oleh Mukrimudin. Program ini ditargetkan akan mulai dilaksanakan pada pertemuan MGMP yang akan datang dengan sistem bergilir.

Selesai pengarahan ketua, acara dilanjutkan dengan sosialisasi kurikulum baru untuk mata pelajaran Bahasa Arab didasarkan pada KMA 183 Tahun 2019 oleh Hasanudin. Kurikulum baru ini menginstruksikan perubahan pada beberapa hal termasuk materi ajar sehingga kemudian akan diterbitkan buku baru sebagai pegangan baik guru maupun peserta didik. Pelaksanaan kurikulum ini ditekankan pada tujuan esensial pembelajaran Bahasa Arab yakni pencapaian kompetensi berupa keterampilan berbahasa Arab secara aktif. Adapun kurikulum ini ditargetkan akan mulai diterapkan pada Tahun ajaran 2020/2021.

Dengan adanya peraturan baru terkait kurikulum Bahasa Arab ini,  maka kemudian disepakatilah rencana pembuatan Modul Pembelajaran Bahasa Arab yang diharapkan dapat mengakomodir amanat kurikulum terbaru ini sekaligus sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Di samping itu, disepakati pula agenda terdekat pertemuan MGMP ke depan yaitu workshop pembuatan perangkat pembelajaran. Hal ini diharapkan menjadi bentuk persiapan para guru Bahasa Arab untuk melaksanakan pembelajaran. (ros)

0 Response to "PERTEMUAN PERDANA, MGMP BAR SUKSES TERAPKAN BI’AH LUGHAWIYYAH"

Posting Komentar