<< MGMP BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH DIY >>

<< MGMP BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH DIY >>

Hadapi Kurikulum Baru: MGMP BAR Adakan Workshop Penyusunan Perangkat


Foto bersama peserta workshop bersama narasumber Ida Uswatun Khasanah

Yogyakarta – Terbitnya KMA No.183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab mengamanatkan beberapa perubahan pada perumusan Kompetensi Dasar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab. Perubahan ini tentu saja kemudian mempengaruhi penyusunan seluruh perangkat pembelajaran mengingat KD adalah acuan utama dalam perencanaan pembelajaran. Menindaklanjuti kurikulum baru ini, maka MGMP Bahasa Arab MA mengadakan workshop penyusunan perangkat pembelajaran Bahasa Arab, Selasa, 18 Februari 2020 lalu. Berlaku sebagai pembicara dalam workshop ini adalah Ida Uswatun Hasanah. Bertempat di PSBB MAN 3 Sleman, workshop ini dihadiri oleh setidaknya 35 guru Bahasa Arab peserta MGMP.

Proses Khitobah Billughatil Arabiyyah oleh Bambang Kiswanto
Sebagaimana program unggulan yang telah dicanangkan, pertemuan ini pun diawali dengan seremonial Bi’ah Lughawiyyah. Kali ini Ali Rohmat bertindak sebagai MC bersanding dengan Badrudin yang bertugas memberi sambutan dan Bambang Kiswanto selaku pemberi tausiyah singkat. Dalam tausiyahnya Bambang mengulas tentang pentingnya umat islam untuk berpegang teguh kepada ajaran Al-Quran dan As-Sunnah. Sudah semestinya umat Islam mendasarkan segala tingkah lakunya dalam rangka menjalankan perintah Allah SWT serta mengikuti sunnah Rasulullah SAW dan berupaya semaksimal mungkin menghindari tingkah laku apapun yang menyimpang dari keduanya.

Narasumber memaparkan penyusunan silabus
Memasuki agenda inti yakni workshop penyusunan perangkat pembelajaran Bahasa Arab, Ida Uswatun Khasanah memulai dengan paparan tentang gambaran isi KMA No. 183 Tahun 2019 khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab. Dijelaskannya poin-poin inti mulai dari Kompetensi Dasar yang kemudian akan menjadi acuan utama penyusunan perencanaan pembelajaran. Meningkat dari pembahasan seputar KI dan KD, Ida kemudian menjelaskan langkah-langkah penyusunan Silabus sebelum kemudian melangkah ke RPP sebagai tujuan akhir. Silabus nantinya akan menjadi dasar dari pembuatan RPP yang didalamnya telah tercantum indikator, materi, sumber dan alat belajar, hingga alokasi waktu yang telah dipetakan secara sistematis. Penyusunan silabus ini diawali dengan penentuan indikator untuk setiap KD. Dalam paparannya Ida menyebutkan langkah penentuan indikator akan sangat tergantung pada pemilihan kata kerja operasional dari tabel taksonomi Bloom. Mengingat hal seputar perangkat pembelajaran ini bukan lagi hal yang asing bagi para guru Bahasa Arab, penjelasan Ida menjadi cukup mudah dimengerti dan mudah difahami oleh para peserta. Di sela-sela pemaparannya seputar perangkat pembelajaran, Ida juga menyisipkan pesan-pesan seputar penanaman nilai etik Islam Washatiyyah yang sangat penting untuk diterapkan pada diri peserta didik dalam rangka membangun peradapan universal yang harmonis. (ros)

0 Response to "Hadapi Kurikulum Baru: MGMP BAR Adakan Workshop Penyusunan Perangkat"

Posting Komentar