<< MGMP BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH DIY >>

<< MGMP BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH DIY >>

Hadapi Tahun Ajaran Baru, Ketua MGMP BAR : Tim Sudah Siapkan Modul

Syawalan dan Pertemuan Virtual MGMP Bahasa Arab MA DIY

Yogyakarta – Masih dalam suasana hari raya Syawal di tengah pandemi, MGMP Bahasa Arab MA DIY sukses adakan Syawalan dan pertemuan MGMP, Rabu 3/6/2020 lalu. Setelah selama kurang lebih 3 bulan vacum dari pertemuan rutin MGMP karena adanya pandemi ini, akhirnya bersamaan dengan momentum syawalan ini terlaksanalah pertemuan MGMP meski harus diadakan secara virtual via aplikasi Zoom Meeting. Sebagai tindak lanjut dari rapat pengurus sebelumnya, pertemuan ini kemudian terfokus pada 2 agenda pokok yaitu Ikrar Halal Bi Halal serta pembahasan rencana strategis menghadapi tahun ajaran baru yang akan terlaksana dengan kurikulum baru berdasarkan KMA 183.

Seperti dalam rapat virtual pengurus sebelumnya, bertindak sebagai operator media yaitu Bambang Kiswanto dan sebagai moderator kali ini adalah Fauzan Budi Santoso. Sesaat sebelum acara dimulai, para peserta mulai saling menyapa dan beberapa mengucapkan selamat hari raya termasuk saling bertukar permohonan maaf. Kurang lebih pukul 09.15 acara dibuka oleh Fauzan Budi Santoso dan dilanjutkan dengan sambutan ketua. Dalam sambutannya, Ketua MGMP, Badrudin menyampaikan salam jumpa serta ucapan selamat Hari Raya dan ajakan saling memaafkan. Ia juga mengajak semua peserta untuk bersama-sama mengungkapkan rasa syukur masih dipertemukan dengan Idul Fitri dan masih dapat saling berjumpa walaupun dengan keterbatasan. Selepas ikrar Halal Bi Halal, Badrudin menyampaikan segera datangnya tahun ajaran baru di mana untuk mata pelajaran Bahasa Arab sudah akan mulai berpijak pada KMA 183. Kurikulum baru ini mengamanatkan banyak perubahan utamanya pada KI dan KD mata pelajaran Bahasa Arab. Dari sini Badrudin mengajak para peserta untuk mulai bersiap-siap menyiapkan berbagai perangkat yang diperlukan sebagai amunisi pembelajaran. Namun demikian, ia menandaskan bahwa Tim Pengembangan Modul kini telah menyiapkan Modul berjudul “ الْوَحْدَة ”. Ia berharap adanya modul ini akan membantu para guru dalam membelajarkan Bahasa Arab kepada peserta didik.

Menyambung uraian Badrudin, Lathifah Rahmawaty kemudian memberikan gambaran lebih jelas amanat KMA 183 kaitannya dengan pembelajaran Bahasa Arab. Kurikulum terbaru memiliki rumusan khususnya KI dan KD yang memiliki cukup banyak perbedaan dari yang sebelumnya. Kurikulum ini mengarahkan pembelajaran Bahasa Arab lebih fokus kepada penerapan komunikasi aktif. Model pembelajaran secara detail diserahkan seutuhnya kepada guru tanpa ada keharusan menggunakan metode, model, bahkan materi yang kaku. Guru diberikan ruang kreativitas yang seluas-luasnya untuk membelajarkan Bahasa Arab sesuai dengan kebutuhan peserta didik. KMA 183 memberikan standar kompetensi minimal yang harus dicapai. Adapun metode untuk mencapai itu dilakukan secara bebas kreatif oleh masing-masing guru. Lathifah juga menekankan perihal penilaian otentik terkait keempat kemahiran bahasa. Sebagai contoh, penilaian Kalam haruslah dilakukan secara lisan bukan tertulis.


Melengkapi penjelasan Lathifah, Ketua Tim Penyusunan Modul, Hasanudin kemudian menambahkan sedikit penjelasan terkait Modul terbaru MGMP. Menurutnya modul ini nantinya akan menjadi pendamping dari Buku Bahasa Arab terbitan Kemenag yang akan segera terbit. Ia menandaskan bahwa kurikulum Bahasa Arab terbaru ini mengamanatkan transformasi pembelajaran Bahasa Arab dari yang dulunya cenderung membelajarkan ilmu Bahasa Arab menuju pembelajaran pemerolehan Bahasa, atau dalam kata lain pembelajaran Bahasa Arab nanti akan bertujuan membekali peserta didik modal komunikasi Bahasa Arab secara aktif dan praktis. (ros)

0 Response to "Hadapi Tahun Ajaran Baru, Ketua MGMP BAR : Tim Sudah Siapkan Modul"

Posting Komentar